Sabtu, 10 November 2012



SOW Goes to Tangkuban Perabu
Oleh: Fikriyah

Kunjugan Literasi menjadi salah satu program andalan School of Writer (SOW) sejak angkatan pertama. Setelah SOW I berhasil melakukan kunjungan ke Rumah Dunia dan Banten Lama tahun 2011, tahun ini SOW II berhasil mengunjungi Kota Bandung, dengan tujuan Tangkuban Perahu dan Saung Angklung Udjo. Agenda ini dilaksanakan pada 19 Januari 2012 lalu, setelah masa berakhirnya kegiatan pelatihan School of Writer II.

Tangkuban perahu, seperti yang kita tahu menjadi salah satu tempat wisata paling diminati bukan saja oleh wisatawan dalam negeri, tapi juga para turis atau pelancong asal luar. Tangkuban perahu sangat terkenal dengan panorama kawah di atas gunung yang terus mengeluarkan uap dan kabut putih. Pemandangan ini dapat menghiptonis siapa saja yang datang tua maupun muda.

Untuk memasuki lokasi kawah tangkuban perahu, pengunjung harus menaiki sebuah minibus dengan tiker seharga Rp. 5.000. Perjalanan menuju kawah dari bawah gunung hanya sekitar 5-10 menit. Tiba di puncak kawah, pengunjung langsung disuguhi suasan kawan pergunungan dengan hawanya yang sangat dingin. Kawah di tangkuban perahu seluruhnya dipagari oleh pagar kayu.




Tidak saja disuguhi pemandangan kawah yang menakjubkan, pemandangan sekitar juga sangat eksotis dan menarik untuk dinikmati dan diabadikan dalam kamera. Selain itu, di lokasi Tangkuban Perahu, banyak para pedagang yang menyediakan buah stawberry dalam kemasan, mungkin untuk menambah kesan pegunungan atau bisa juga simbol alam yang indah. Di puncak kawah juga, cinderamata dijajaka sebagai buah tangan yang tak boleh dilewatkan oleh para pengunjung.

Tempat wisata yang terkenal dengan asal usulnya yang melegenda ini,  memang terkesan tidak akan membuat bosan. Maka bukan sesuatu yang asing lagi menjadikan tangkuban perahu sebagai salahsatu lokasi tujuan wisata untuk me-refresh diri dan berliterasi budaya.

0 Comments:

Post a Comment



You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
SOW Community. Diberdayakan oleh Blogger.